Penggunaan media Audio-Visual di SDN Lamteungoh oleh Mahasiswa PPL-KKN Terintegrasi dalam penyampaian materi ajar

5 (100%) 1 vote
Penyampaian materi ajar mata Pelejaran IPA menggunakan media pembelajaran berbasis Audio-Visual dikelas IV SDN Lamteungoh
Penyampaian materi ajar mata Pelejaran IPA menggunakan media pembelajaran berbasis Audio-Visual dikelas V SDN Lamteungoh
Pemanfaatan infokus disekolah dalam penyampaian materi ajar dikelas IV mata Pelajaran IPA
Pemanfaatan infokus disekolah dalam penyampaian materi ajar dikelas IV mata Pelajaran IPA
Penggunaan Media Audio-visual dikelas VI Pada mata Pelajaran IPS
Penggunaan Media Audio-visual dikelas VI Pada mata Pelajaran IPS

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran bergantung kepada beberapa aspek. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi kebehasilan pencapaian kompetensi, yaitu cara guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kecenderungan yang terjadi pada proses pembelajaran di Indonesia adalah kegiatan belajar masih berpusat pada guru, yaitu guru lebih banyak bercerita atau berceramah. Siswa tidak banyak aktif terlibat dalam proses pembelajaran, guru tidak/jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi pasif dan kurang bermanfaat. Oleh karena itu paradigma lama di mana orientasi belajar lebih berpusat pada guru harus mulai ditinggalkan dan diganti dengan orientasi belajar lebih berpusat pada siswa dengan cara guru menjadi fasilitator dengan menyediakan media – media salah satunya dengan media audio visual.
Dengan menjadi fasilitator guru akan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, yaitu merupakan proses pembelajaran di mana seorang guru harus dapat menciptakan suasana yang sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan juga mengemukakan gagasannya. Keaktifan siswa ini sangat penting untuk membentuk generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan juga orang lain. Dan juga guru harus dapat membuat proses pembelajaran yang menyenangkan, yaitu berkaitan erat dengan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat memusatkan perhatianya secara penuh pada belajarnya. Hal ini membutuhkan kreativitas guru untuk dapat menghidupkan suasana belajar mengajar sehingga menjadi tidak membosankan bagi para siswanya. Yaitu salah satunya dengan menggunakan media audio visual.

860 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan