Pembinaan Generasi Muda TPA Gampong Jruek Balee

Rate this post

Kamis, 19 Agustus 2016 merupakan agenda pertama Mahasiswa Kelompok 01 KKN-PPL Terintegrasi FKIP Unsyiah Gampong Jruek Balee melaksanakan kegiatan. Kegiatan yang kami lakukan hari ini adalah pembinaan generasi muda melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Taman Pendidikan Al-Qur’an sudah beroperasi sejak 2 tahun silam. Pada awal berdirinya TPA ini banyak sekali anak-anak gampong Jruek Balee yang menimba ilmu disana. Menurut pernyataan pengurus TPA Gampong Jruek Balee, TPA ini sudah mewisudakan 2 angkatan sebelumnya. Tetapi alumni TPA Gampong ini tidak mengajar di TPA karena mereka memilih melanjutkan sekolah diluar daerah.

Pengurus TPA ini adalah ibu-ibu pengajian Gampong Jruek Balee serta dibantu oleh tenaga pengajar pemudi gampong Jruek Balee. Setiap harinya ada sekitar 40 orang santriwan dan santriwati yang belajar di TPA ini, dengan jumlah pengajar sekitar 8 orang. Tenaga pengajar di TPA ini sangat terbatas, salah satu penyebabnya karena tenaga pengajar disini tidak dibayar, melainkan sukarelawan.

1243

Kondisi sekarang TPA Gampong Jruek Balee sudah tidak memiliki gedung TPA, karena gedung TPA yang sebelumnya digunakan sedang direnovasi. Diperkirakan akhir bulan ini gedung TPA yang sedang dibangun akan selesai. Kemungkinan besar mulai awal tahun depan, seluruh santri TPA dapat belajar dengan nyaman di gedung baru. Untuk sementara proses belajar mengajar di TPA dilakukan di meunasah Gampong Jruek Balee. Saat ini kami mahasiswa KKN-PPL Terintegrasi kelompok AB 01 menjadi tenaga pengajar di TPA Gampong Jruek Balee. Harapannya tenaga dan ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat untuk seluruh santri agar minat belajar mereka lebih semangat dan lebih tinggi dari sebelumnya.

Proses belajar mengajar di TPA ini dimulai dengan agenda klasikal yang dipimpin oleh salah seorang tenaga pengajar, kemudian dilanjutkan dengan sesi menulis bahasa arab. Setelah seluruh santri siap menulis, maka mereka akan dinilai bacaannya oleh usd/ustazah yang mengajar. Setelah proses membaca alqur’an selesai, selanjutkan seluruh santri diarahkan untuk menghafal hafalan doa-doa harian dan hafalan surat-surat pendek. TPA ini dimulai dari jam 15.00 WIB-16.30 WIB. Proses akhir pembelajaran di TPA diakhiri dengan shalat berjamaah oleh seluruh santri dan salamn dengan seluruh ust/ustazah.

5678

 

106 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

erwan tona

Posted Under

Tinggalkan Balasan