“Kebersihan Sebagian Daripada Iman” Jika Hati Kita Nyaman Ibadah Kita Pun Menjadi Aman

Rate this post

gambar-1

Minggu, 21 Agustus 2016 Mahasiswa Kelompok 01 KKN-PPL Terintegrasi FKIP Unsyiah Gampong Jruek Balee telah melaksanakan program kedua mereka, yaitu Gotong Royong Umum di Meunasah Gampong Jruek Balee. Gotong royong ini diikuti oleh seluruh anggota kelompok KKN-PPL Terintegrasi di Gampong Jruek Balee. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 12:00 WIB. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dibantu oleh arahan Kepala Desa dalam kegiatan pemeliharaan prasarana ibadah di Gampong Jruek Balee.

gambar-2agambar-2bgambar-2cgambar-2dgambar-2egambar-2hgambar-2ggambar-2f

Kegiatan ini telah merubah interior Meunasah menjadi lebih tertata. Keadaan lantai Meunasah yang sebelumnya penuh dengan debu kini telah bersih. Ambal-ambal yang biasa digunakan sebagai sajadah untuk shalat berjamaah juga sudah tertata dengan rapi. Meunasah ini mampu menampung ± sekitar 50 jamaah. Kegiatan shalat berjamaah di meunasah ini hanya dilaksanakan pada waktu Maghrib dan Isya, selebihnya dilaksanakan di Mesjid kemukiman Jruek.

gambar-3agambar-3bgambar-3cgambar-5

Pemeliharaan prasarana ibadah ini berupa pembabatan rumput-rumput liar dihalaman Meunasah, Pembersihan Kantor Imum Meunasah dan pembuatan pagar untuk tempat berwudhu. Pemeliharaan ini dirasa perlu untuk dilakukan karena kondisi lingkungan Meunasah yang sudah terlalu kotor. Hal ini disebabkan karena terbatasnya Sumber Daya Manusia yang dengan sukarela merapikan lingkungan Meunasah. Ketidakperdulian ini diakibatkan karena tidak adanya infaq untuk mereka yang menjadi marbot Meunasah.

gambar-4agambar-4b

Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan dapat memperbaiki pola pikir masyarakat, bahwa kebersihan tempat beribadah merupakan kenyamanan setiap orang ketika menghadap sang Khaliq. Oleh karena itu, tidak ada pengecualian terhadap subjek individu yang berkewajiban menjaga kebersihan lingkungan Meunasah, tetapi kegiatan ini merupakan tangggung jawab masyarakat Gampong Jruek Balee.

218 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

erwan tona

Posted Under

Tinggalkan Balasan