Rapat QURBAN

5 (100%) 1 vote

Masyarakat  sibreh keumudee melaksanakan rapat kurban dalam rangka memperingati hari raya idul adha. berdasarkan hasil rapat dengan para penyumbang kurban yang dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2016, tepatnya pada malam Kamis yang lalu diputuskan  bahwa jenis hewan yang akan dikurbankan yaitu lembu dan kambing. Jumlah kambing yang dikurbankan berdasarkan informasi dari sekretaris gampong adalah sebanyak 9 ekor. Satu ekor lembu yang dikurbankan terdiri dari 9 orang pengkurban.

Para pengkurban mendapat jatah bagian daging kurban sebanyak seperempat bagian atau empat tumpuk daging. Selebihnya, daging tersebut dibagikan kepada warga sibreh Keumudee. Pembagian daging kurban dihitung berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK). Masing-masing KK mendapatkan jatah bagiannya yaitu satu tumpuk daging kurban. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban biasanya dilaksanakan pada hari kedua lebaran Idul Adha. Selain itu, menurut laporan biasanya juga terdapat kambing sebagai hewan kurban, namun belum diketahui jumlahnya. rapat ini dipimpin langsung oleh geusyik gampong sibreh kemeudee dan dihadiri oleh seluruh masyarakat dan mahasiswa KKN-PPL terintegrasi sibreh keumudee. 

img20160817205041 img20160817205100 img20160817205107

“kurban adalah sunatullah yang sampai saat ini sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan di setiap hari-hari penting islam, misalnya saja kurban yang kita lakukan pada saat hari raya idul adha. islam mengajarkan manusia untuk hidup dalam kerukunan, damai, dan sejahtera, nah, salah satu manfaat dari kurban adalah untuk menjalani sunatullah, membantu yang tak mampu dan menciptakan rasa kekeluargaan dengan sesama” nah, itulah yang disampakaian oleh pak yaserr selaku ketua panitia pelaksana kurban, dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan ” dengan berkurban berarti kita menyalamatkan kehidupan di dunia dan akhirat, dunia dipuji akhirat mendapat syurga hakiki” ujarnya dengan penuh semangat. 

180 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

Muhammad Firhan

Latest posts by Muhammad Firhan (see all)

Tinggalkan Balasan