IPA Is Applied Science to Childrens Jruek Balee

IPA adalah salah satu pelajaran yang berkaitan dengan alam, melalui IPA setiap anak bisa mempelajari apa yang mereka dapatkan disekolah dengan penerapan dilingkungan rumah ketika mereka berada dilingkungan alamnya. IPA disebut sebagai ilmu terapan yang secara kontekstual bisa dipelajari langsung di alam. Berdasarkan kebutuhan inilah, maka kami Mahasiswa KKN-PPL terintegrasi FKIP Unsyiah, mengadakan bimbingan belajar ilmu terapan IPA di Gampong Jruek Balee. Target bimbingan ini adalah anak-anak gampong Jruek Balee. Mengingat bahwa, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu, maka ilmu terapan IPA sangat baik ditujukan kepada anak-anak di Gampong Jruek Balee. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh mahasiswa KKN-PPL terintegrasi Gampong Jruek Balee, saudari Rauzaton Wardani yang berasal dari Prodi Pendidikan Kimia.

20160928_171852

Materi yang diajarkan seperti, klasifikasi makhluk hidup yang dicontohkan langsung dengan binatang/ternak yang ada dilingkungan tempat tinggal mereka. Kemudian, ciri-ciri makhluk hidup yang dicontohkan langsung dengan apa yang ada di tubuh mereka sendiri. Dengan pembelajaran yang kontekstual seperti ini diharapkan anak mampu menerapkan materi yang diterimanya disekoalh dan mengapliksikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai suatu ilmu baru yang bisa membuat mereka mengerti akan sistem keseimbangan alam.

20160928_17162320160928_171501

Selain itu, pembelajaran yang ditawarkan juga menarik seperti membiasakan anak menyebutkan istilah kimia untuk aktivitas sehari-hari mereka. Misalnya, mereka mau mengambil gula maka sebutan untuk gula diganti dengan C12H22O11, atau air yang akan mereka minum disebut H2O. Asam sunti yang biasa mereka gunakan untuk masak disebut H2C2O4, dan berbagai istilah kimia dalam kehidupan sehari-hari.

dsc04330

Anak-anak sangat antusias mendengarkan istilah kimia untuk makanan yang mereka makan sehari-hari, karena bagi mereka sebutan ini terlihat unik dan lucu. Harapannya melalui kegiatan ini mereka bisa mengenal sesuatu yang mereka makan bukan hanya dari bentuknya tetapi juga dari nama-nama ilmiahnya, yang bisa mereka aplikasikan nantinya di sekolah ketika guru mengajarkan materi IPA.

177 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

erwan tona

Posted Under

Tinggalkan Balasan