Rumah Ceria Untuk Pendidikan yang Ceria “Cerdas Ilmunya, Baik Akhlaknya”

Rate this post

1 September 2016, adalah hari pertama dimulainya rumah pendidikan ceria untuk anak-anak gampong Jruek Balee. Kegiatan ini merupakan salah satu bimbingan belajar yang dilakukan mahasiswa KKN untuk anak-anak gampong Jruek Balee diluar kegiatan sekolah. Rumah pendidikan ceria ini rutin dilaksanakan seminggu 2 kali. Yaitu hari minggu sore dan hari rabu sore.

dsc04346dsc04290dsc04285

Model pembelajaran yang ditawarkan adalah bermain sambil belajar. Dengan metode ini anak-anak tidak akan bosan karena mereka tidak akan mendengar ceramah tentang materi pelajaran. Melainkan belajar melalui games-games yang dapat membangkitkan semangat belajar mereka. Jenis mata pelajaran setiap minggunya akan berbeda, tergantung dari permintaan anak-anak. Tetapi untuk membuat keseragaman pengajar dengan kapasitas peserta didik  kami membuat jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan belajar perhari.

dsc04295dsc04296dsc04283dsc04311

Di rumah ceria ini anak-anak juga bisa mengerjakan PR sekolah mereka, membuat kerajinan tangan, bermain games yang dapat menguji kecerdasan dan fokus mereka. Setiap harinya ada sekitar 40 anak yang belajar dirumah ceria ini.

dsc04307dsc04278dsc04283dsc04307

Selama ini kegiatan rumah ceria berlangsung rutin dan  maksimal. Untuk selanjutnya kegiatan rumah ceria ini akan dilanjutkan oleh remaja Meunasah gampong Jruek Balee. Dengan begitu, bimbingan belajar ini akan tetap berlanjut meski kami nantinya sudah tidak mengajar di rumah ceria ini lagi.

 

155 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

erwan tona

Posted Under

Tinggalkan Balasan