Pengenalan rambu-rambu Lintas untuk Anak-anak Jruek Balee

Rate this post

Kamis, 8 September 2016, mahasiswa pendidikan PPKN “Deswita” telah melaksankan program sosialisasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan ini berlangsung di Meunasah Gampong Jruek Balee. Rambu-rambu lalu lintas adalah salah satu dari perlengkapan jalan yang dapat berupa lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan di antaranya yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah atau petunjuk bagi pemakai jalan. Umumnya rambu-rambu lalu lintas ini terdapat di sepanjang jalan kanan maupun kiri yang sering dilihat oleh pemakai jalan. Program Sosialisasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas dipilih karena mengingat latar belakang saya yang berasal dari FKIP PPKN (Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila). Sosialisasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas ini dijalankan oleh Deswita beserta anggota KKN lainnya. Sosialisasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas ini ditujukan kepada anak-anak yang berusia 6 sampai 15 tahun. Banyaknya pengguna jalan yang salah kaprah terutama anak-anak yang belum cukup umur untuk menggunakan kendaraan di jalan raya. Kegiatan sosialisasi rambu-rambu lalu lintas ini dianggap perlu agar anak-anak gampong Jruek Balee mengetahui arti dan makna dari rambu-rambu lalu lintas, sehingga dapat memudahkan mereka ketika menggunakan jalan, khususnya saat berkendara menggunakan kendaraan bermotor. Maka dari itu perlu ditanamkan dan di berikan sosialisasi akan pentingnya pengetahuan mengenai rambu-rambu lalu lintas sejak dini.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk menambah motivasi siswa dalam belajar, minat siswa saat ini khususnya menulis sangatlah minim. Hal ini dapat kita lihat pada siswa-siwa SMP mapun SMA yang kurang berminat dalam menulis. Menulis itu sangatlah penting. Selain membaca, mendengar, dan berbicara anak-anak juga dituntut untuk terampil menulis. Oleh karena itu, program menulis ini dilakukan.

Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak di Gampong Jruek Balee untuk lebih terampil dalam menulis. Menulis yang dilaksanakan sederhana yaitu menulis deskripsi. Mereka diajarkan menulis sesuatu yang mereka amati. Meraka diajarkan menulis pengalaman pribadi, menulis tentang silsilah keluarga dan menulis lainnya.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam program ini adalah anak-anak yang ada di Gampong Jruek Balee dapat lebih memahami dan menyukai pelajaran Bahasa Indonesia serta terampil dalam menulis.

470 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

erwan tona

Posted Under

Tinggalkan Balasan