Asal – Usul gampong Teuladan

5 (100%) 1 vote

Berdasarkan  hasil survei dan wawancara  yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL  terintegrasi dengan geuchik , diketahui  bahwa gampong Teuladan memiliki sejarah yang unik dan luar biasa. Kata “Teuladan” sendiri berasal dari masyarakat awal yang bermukim di  daerah tersebut. Gampong Teuladan berdiri pada 14 desember 1973 dengan kondisi wilayah merupakan hutan belantara. Wilayah hutan ini dipenuhi dengan pohon yang disebut oleh warga sekitar sebagai pohon Beuraleun . Pemukiman ini berawal dari sebuah bentuk apresiasi terhadap keberanian anggota militer yang pada saat itu disebut sebagai ABRI matra Angkatan Darat. Perkampungan ini  merupakan sebuah lahan untuk transmigrasi bagi  prajurit militer tersebut beserta keluarganya. Pada  saat awal didirikan, Desa Teuladan hanya memiliki 50 unit rumah saja pada area seluas 600 hektare yang diklaim oleh pemerintah sebagai lahan milik Kodam .

Penamaan ” teuladan ”  ternyata juga memiliki sejarah yang unik . Tentu saja, hal ini berasal dari warga yang bermukim di daerah tersebut. seperti yang telah diketahui bahwa masyarakat yang tinggal di permukiman tersebut para anggota militer yang memang sudah terlatih dan terdidik dengan kehidupan displin dan tegas dari awal pengangkatan mereka. Dan hal ini tentu saja terbawa dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kebiasaan hidup yang bertanggung  jawab , patuh terhadap atasan , negara , serta  displin dan selalu berkerja keras selalu tercermin dalam pribadi para prajurit yang bermukim di desa tersebut. Secara umum, kehidupan masyarak militer ini dapat disebut sebagi masyarakat yang  “teladan”. Berdasarkan  hal inilah mengapa desa ini disebut sebagai desa Teuladan oleh masyarakat sekitar. Teuladan dalam bahasa setempat memiliki makna teladan , dapat menjadi panutan dan contoh bagi yang lain.

Mata pencarian masyarakat  gampong teuladan  mayoritas pada sektor perkebunan. Masyarakat setempat  menanam jagung, kemiri, pepaya,coklat,dan singkong. Hal ini disebabkan tanah yang terdapat pada gampong Teuladan sangat subur, karena berada dibawah kaki gunuh selawah Agam.

132 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

One thought on “Asal – Usul gampong Teuladan

  1. Subhanallah. Luar biasa. Semoga tidak hanya nama kampung nya aja yg bernama tauladan melainkan dapat di terapkan dalam diri menjadi diri yg teuladan yg patut dicontohi oleh banyak orang.. 😊semangat juang seperjuangan 45😊

Tinggalkan Balasan