Squad Ujong Keupula dalam Harmoni Alam Sutra Nan Elok

2 (40%) 2 votes

Sabtu, 22 Juli 2017—Adalah Ujong Keupula, sebuah persinggahan, namun tidak hanya sekadar persinggahan semata. Ujong Keupula merupakan tempat kami belajar, tentang alam, tentang hidup, tentang keluarga, bahkan tentang cinta. Ya ada cinta pula di sini. Dari sini kami belajar tidak hanya sekadar belajar untuk hidup, namun bagaimana belajar menghargai kehidupan dan orang-orang yang mengajarkan kita untuk hidup. Harmoni kehidupan alam sutra, berjalan bak sutra yang lembut jika sudah jadi, namun seakan kasar dalam prosesnya.

Inilah kami, 11 orang yang ditakdirkan bersama dalam selingkung desa KKN, Ujong Keupula. Sebelas diantara kami yang tak saling mengenal walaupun sering berpas-pasan rupa di jalan dan setapak jalan kampus. Sebelas orang yang berbeda ilmu dan bakat. Sebelas orang dengan karakteristik yang unik dan berbeda. Mengenyam pendidikan yang tak kami sesali karena dikelilingi masyarakat ramah dan penuh senyum. Iya, gampong di bantaran laut ini penuh sapaan, bagaikan ombak laut yang senantiasa menderu dan menyapa pantai.

Saat pagi menyapa dan sinar mentari mulai menyinari, sebagian masyarakat mulai mengambil alih pekerjaannya masing-masing. Yang ke sekolah, yang ke kebun, yang berjualan, dan yang melaut. Semua kembali sore hari jika mentari hendak pulang di balik bukit dan pegunungan nanti. Kini sisa dahaga tadi siang terselimuti oleh malam. Malam yang sejuk dan penuh canda tawa kebahagiaan. Yang tua senantiasa mengangkat tangan kanan seraya mengucapkan “Assalamualaikum”, dan dibalas dengan sapaan “Waalaikumsalam”, menundukkan kepala seraya terkadang melayangkan senyum. Yang anak-anak mengajak bermain bersama dan yang muda tak lupa membuat rencana bersama untuk kebahagiaan. Balai-balai kopi pun tak pernah luput dari persinggahan kawula muda sampai kawula tua.

Inilah Ujong Keupula. Sebuah gampong yang berusaha bangkit dan tak ingin tertinggal dari kemajuan dunia. Bersama kami belajar sama-sama. Tidak hanya kepada orang tua, bahkan anak-anak pun memberikan hidup kami bermakna. Dua bulan ini, akan menjadi petualangan belajar di luar kampus yang membahana dan terukir kenangan di sanubari Squad Ujong Keupula.

Don’t forget something in your momen of life, because its will be give you something important.

Keep open your eye and mind.

385 kali dilihat, 20 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

Zainal Muttaqin

Latest posts by Zainal Muttaqin (see all)

Tinggalkan Balasan