The Power Of Silaturahmi – Dengan silaturahim, sekat yang dulu ada dengan sendirinya memudar

Rate this post

Pagi ini, Jum’at 03 September 2017, Kebanyakan orang tidak mengistimewakan hari raya ini, namun bagi kami di Aceh, Hari Raya Idul Adha sama pentingnya dengan Hari Raya Idul Fitri yang dimeriahkan oleh seluruh muslim di seluruh pelosok diunia.

Aceh, sangat sakral dengan nuansa islami, hal ini terbukti dengan meriahnya Hari Raya Idul Adha dengan berbagai macam perayaan di setiap tahunnya. Pawai Takbiran yang dipusatkan di Mesjid Raya Baiturrahman, hingga kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk memeriahkan dan memanfaatkan momentum Idul Adha untuk peningkatan kualitas iman. Dari orang tua, dewasa, hingga anak-anak semua hanyut dalam nuansa kegembiaraan Hari Raya Qurban ini.

Megang, adalah tradisi turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang kami di aceh. Megang adalah H-1 sebelum puasa Ramadhan, H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri dan H-1 sebelum Hari Raya Idul Adha. Hari ini adalah H-1 sebelum Hari Raya Idul Adha, yan jatuh pada tanggal 03 September besok.

Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam diseluruh dunia yaitu hari raya idul adha atau yang dikenal dengan hari raya kurban. Dan biasanya orang juga mengenalnya dengan harinya orang untuk menjalankan ibadah haji. Menjelang hari raya idul adha orang banyak yang sibuk mencari hewan qurban baik kambing qurban maupun sapi. Ada yang individu misalnya qurban kambing dan ada juga yang patungan ramai-ramai, satu sapi untuk beberapa orang.

Merayakan lebaran di kota yang merupakan daerah kelahiran adalah merupak satu yang baru bagi kami, dimana yang awalnya kami melakukan shalat IED bersama dengan keluarga namun apalah daya karena jara membatasi kami.

Masih dalam suasana KKN kami berlebaran di Desa Piyeung Lhang, meliputi suasana yang tentu tak sama dengan desa kelahiran, baik keluarga angkat dan kondisinya. Rasa rindu akan keluarga tentu menghampiri benak kami, tapi itu bukan suatu alasan yang penting krna kami disambut dengan tangan terbuka dan diaanggap mnjadi bagin dari desa Piyeung Lhang.

Manfaat dari silaturahmi (ada juga yang menyebut silaturahim) bukan hanya memperluas rezeki dan memperpanjang umur saja, tetapi masih ada manfaat-manfaat lainnya yang luar biasa. Silaturahmi adalah kunci sukses. Saya melihat teman-teman saya yang meraih sukses dengan cepatnya, karena mereka rajin silaturahmi.

Selain membahas manfaat silaturahmi, akan dibahas juga bagaimana tip-tip membangun silaturahmi baik di darat (offline) maupun secara online.

41 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

Tinggalkan Balasan