Mengukir Cerita dan Pengalaman KKN di Gampong Dayah Baro

 

Senin, 08 Januari 2018, tibalah hari dimana peserta KKN Periode 14 Tahun 2017/2018 langsung ditempatkan di berbabagai desa-desa yang ada di Kabupaten Pidie. Hal ini tentu saja kami rasakan dan menjadi pengalaman pertama yang sangat berharga, disaat kelompok Kuliah Kerja Nyata sekaligus Praktek Pengalaman Lapangan Terintegrasi 001 diamanahkan oleh Universitas Syiah Kuala untuk mengabdi di Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie selama 1 Bulan penuh dan Praktek Pengalaman Lapangan selama 2 Bulan di Sekolah SMPN 2 Delima bertepatan di Grong-Grong.
Berbicara megenai lokasi KKN Periode 14 di Gampong Dayah Baro tentu saja menjadi awal cerita kami, karena baru pertama kalinya berkunjung di lokasi tersebut. Awal cerita yang berkesan di dayah baro ialah terdapat di sepanjang jalan hijaunya pemandangan sawah dan kicauan Burung Bangau yang ikut meramaikan alam, dari mulai pagi munculnya fajar sampai terbenamnya matahari dikala senja. Kemudian, tidak hanya ada sawah yang memanjakan mata karena melihat hijaunya, namun rimbunnya pohon bambu yang menyambut perjalanan yang teduh dan sejuk dari lambaian daun bambu di siang hari mengundang kenyamanan saat sampai di perumahan masyarakat Dayah Baro.
Setibanya di perumahan masyarakat gampong dayah baro, terlihat sebagian besar perumahan yang ada di dayah baro ialah perumahan adat aceh (rumah panggung) sebagai bukti nyata betapa kentalnya adat-istiadat aceh di gampong tersebut. Kemudian terdapat jembatan gantung yang menghubungkan antara gampong dayah baro kecamatan Delima dengan Gampong Kubang Kecamatan Indra Jaya.

Selasa 9 januari 2018, pagi pertama bangun tidur di kampung orang. Nama kampung ini adalah Dayah Baro meskipun setelah beberapa hari disini kami menyadari bahwa tidak banyak warga gampong tetangga yang mengenal gampong ini dengan nama Dayah Baro, mereka lebih mengenal gampong ini dengan nama gampong kong-kong (dibaca “kung-kung”). Ketika saya menyinggung hal ini saat berkumpul dengan Pemuda Gampong mereka menjawab dengan jawaban yang cukup menggelitik “Kong-Kong itu adalah nama yang diberikan oleh Orang tua kita dulu, Artinya ada. tapi sekarang kita tidak tahu lagi, karena sudah lama maka harus diganti”, dengan gaya bercanda mereka mengatakan, “seperti barang yang sudah lama, kalau sudah lama kan harus kita ganti dengan yang baru,, hehe… ” ujar salah satu Pemuda Gampong. Dengan kata lain sebahagian warga pun tidak tahu prihal pergantian nama ini. Menurut saya ini bukan masalah yang harus dianggap serius, mengingat peristiwa konflik dan sunami yang melanda Aceh beberapa tahun lalu mengakibatkan banyak perubahan disana-sini.
Hari pertama kemarin kami diterima cukup baik oleh warga Gampong, karena ini juga bukan kali pertama mahasiswa KKN melaksanakan programnya disini. Sebelumnya ada Irfan, dua tahun lalu, mahasiswa KKN dari Unsyiah yang masih diingat oleh warga gampong ini, ia adalah seorang Qari, dengan bacaan Qur’annya banyak warga telah lembut hatinya, kehadirannya menyenangkan warga. Dengan image tersebut dari Unsyiah kami juga mendapatkan bagian dari keberhasilan mahasiswa KKN dua tahun lalu.

Sore harinya kami mengundang beberapa anak-anak Gampong ke kediaman kami, mengenal mereka sangat membantu kami dalam pendekatan dengan warga gampong. Setelah itu kami jalan-jalan keliling Gampong dengan anak-anak sebagai guide (penunjuk arah) kami mengetahui seluk beluk Gampong.

Keesesokan harinya pak geucik mengadakan acara Aqiqah untuk cucunya yang kurang lebih dua bulan lalu telah lahir, tentu saja kami pun harus ikut berpartisipasi. kami membantu persiapan acara dari sore hingga tengah malam. Dalam acara ini kami banyak mendapat pengalaman dan juga sekaligus melakukan pendekatan kepada warga gampong untuk kelancarran program KKN kami dihari-hari berikutnya.

Esok harinya adalah acara puncak Aqiqah, beberapa dari kami membantu menyajikan makanan, menyambut tamu, dan sebahagian lain membantu membersihkkan piring-piring kotor. Itulah hari-hari pertama kami KKN di gampong Dayah Baro, bagaimana kami melakukan pendekatan dan berkenalan dengan warga Gampong, sampai jumpa di pelaporan berikutnya.

By : KKN-PPL Terintegrasi 001 Periode 14 Tahun 2017/2018 Universitas Syiah Kuala di Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie.

277 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

The following two tabs change content below.

M. ROZULUL IHSAN

Latest posts by M. ROZULUL IHSAN (see all)